Keadaan Ekonomi

Kondisi ekonomi masyarakat Kampung Pilanjau secara pandangan mata dapat dilihat jelas perbedaan yang ada pada Rumah Tangga yang berkategori sangat miskin, miskin, sedang dan kaya. Hal ini disebabkan karena mata pencaharian disektor usaha yang berbeda–beda dan berjenjang. Sebagian besar bermata pencaharian masyarakat Kampung Pilanjau sebagai Petani dan Nelayan dan pada sektor non formal seperti karyawan swasta pada perusahaan, buruh harian lepas, buruh tani, perkebunan sawit, pedagang dan sebagian kecil pada sektor formal seperti PNS tenaga medis dan Guru serta Honorer Guru, dll.

Potensi Unggulan Desa

Kegiatan ekonomi desa selama ini masih didominasi oleh sektor pertanian, perkebunandan perikanan. Mengingat wilayah Kampung Pilanjau berada di wilayah muara pesisir dan pegunungan/perbukitan. Namun dari pesatnya pertanian masyarakat belum sepenuhnya membuahkan hasil optimal dan juga di sektor Nelayan. Hal ini disebabkan karena pengelolaan perkebunan dan pertanian masih manual dan sarana prasarana pertanian juga belum memadai serta kurangnya dana penunjang terutama di wilayah kelompok Tani, begitu juga dengan kelompok Nelayan yang hasilnya belum memadai. Padahal dari segi pemasaran hasil kelompok pertanian dan perkebunan dikirim ke pasar tradisional yang ada di Tanjung Redeb Kabupaten Berau dan juga hasil kelompok Nelayan dikirim keluar kabupaten. Dan juga sebagian masyarakat Kampung Pilanjau banyak juga yang menjadi pekerja bangunan, buruh perusahaan serta pekerjaan lainnya. Tingkat pendapatan masyarakat belum seutuhnya mencukupi kebutuhan hidup karena harga barang yang tidak sebanding dengan penghasilan yang didapat serta masih minimnya bekal keterampilan, upah pekerja yang masih kecil serta mahalnya barang–barang kebutuhan Sembako. Keadaan tersebut tidak hanya terjadi di wilayah Kampung Pilanjau namun di wilayah lain juga keadaannya sama.

Pertumbuhan Ekonomi Kampung

Pertumbuhan perekonomian kampung masih didominasi oleh sektor perikanan dan pertanian. Dan hampir sebagian besar masyarakat yang sebagai petani dan nelayan. Karena untuk melaksanakan kegiatan tersebut masyarakat Kampung Pilanjau memiliki lahan pertanian yang subur dan tidak begitu sulit namun masih terbatas dengan peralatan seadanya untuk melakukan cocok tanam. Begitupun dengan sektor Perikanan karena berada di wilayah strategis yaitu di muara pesisir lautan namun belum maksimal karena terbatas dengan peralatan tangkap dan pembiayaan yang besar. Dalam Data Profil Desa Tahun 2020 disebutkan bahwa:

  • Potensi Umum: Potensi sedang
  • Potensi Sumber Daya Alam: Potensi sedang
  • Potensi Sumber Daya Manusia: Potensi sedang
  • Potensi Kelembagaan: Baik
  • Potensi Sarana dan Prasarana: Sedang
Bagikan:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Kabar Desa